Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan

Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan - Cara terbaru memasang iklan adsense di dalam postingan blogspot tepatnya di tengah-tengah artikel, pasang iklan adsense di tengah artikel memang memiliki rasio klik (CTR) yang tinggi. Memasang artikel di tengan postingan memang sudah dilakukan oleh kebanyakan publisher google adsense khususnya para Blogger di Indonesia maupun luar negeri. Memasang iklan adsense di tengah artikel menjadi posisi paling favorit karena memiliki rasio klik yang sangat tinggi selain itu iklan adsense juga bisa di pasang di atas postingan atau bahkan di bawah postingan tergantung selera Anda.
Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan
Baru-baru ini saya mendengar bahwa beberapa publisher Google Adsense mengalami masalah dengan iklannya yang tidak mau tampil di blog, penyebabnya adalah karena adanya fitur baru yaitu ads.txt. File ads.txt ini tidak jauh seperti file robots.txt yang sudah lama kita kenal, oleh karena itu bagi Anda yang mengalami masalah dengan iklan adsense yang tidak mau muncul di blog silahkan mencoba untuk mengaktifkan fitur ads.txt tersebut pada blog Anda.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

Dengan bantuan tag conditional dan kode JavaScript Anda dapat memasang iklan adsense di tengan postingan blog Anda, cara menerapkan kode ke dalam blog Anda sangatlah mudah. Namun sebelum melakukan perubahan pada template blog Anda sebaiknya lakukan backup dulu template blog Anda agar jika terjadi kesalahan dapat Anda kembalikan seperti semula.

Baca juga: Cara Mengganti Template Blog

Banyak tutorial atau cara memasang iklan adsense di tengah postingan blog, namun beberapa cara dari mereka masih kurang maksimal. Kadang ada yang iklannya tampil di tengah-tengah artikel namun memotong beberapa kalimat atau paragraf dan ada juga yang memotong teks atau kode yang berada pada bagian blockquote sehingga penggunaan kode tersebut masih kurang maksimal karena akan mengganggu tampilan blog Anda dan artikel akan sulit di baca oleh pengunjung blog Anda.


Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan Blogspot

Ada beberapa opsi fungsi kode script yang ada dibawah ini jika Anda menggunakannya untuk menampilkan iklan adsense di tengah artikel blog Anda, yaitu diantaranya:
  • Iklan Muncul Setelah Tag <h2> Pertama, jadi jika artikel blog Anda memiliki sub-judul di dalamnya dengan menggunakan kode tag <h2> (subheading) maka iklan kemungkinan akan muncul pada bagian ini.
  • Iklan Muncul Setaah Tag <blockquote> Pertama, jika artikel blog Anda tidak memiliki sub-judul (subheading) maka kemungkinan iklan akan muncul setelah tag <blockquote> yang pertama.
  • Iklan Muncul Pada Paragraf ke Tiga, jika artikel blog Anda tidak memiliki tag <h2> dan <blockquote> maka kemungkinan iklan akan muncul pada paragraf ke 3 pada artikel blog Anda.
Bagi Anda yang ingin mencoba memasang iklan adsense di tengah artikel blog silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

1. Masuk ke Blogger.com
2. Lalu klik Tema > Edit HTML (pastikan template sudah di backup)
3. Cari kode seperti dibawah ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='artbody' itemprop='articleBody'><data:post.body/></div>
</b:if>

Catatan:
Setiap template mungkin berbeda, silahkan cari kode pada template blog Anda yang mirip dengan kode di atas (gunakan ctrl+f untuk mempernudah pencarian).

4. Lalu ganti kode di atas, dengan kode dibawah ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='widget-middle' id='widget-middle' itemprop='articleBody'><data:post.body/></div>
</b:if>

5. Lalu tambahkan kode JavaScript ini, dibawah kode yang atas tadi (nomor 4)
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div class='inline_wrapper' id='inline_wrapper'>
<div class='ads_middle'> <!-- Ads Middle Post -->
<span>Advertisement</span>
// Letakan kode iklan disini
</div>
</div>
<script type='text/javascript'>
function insertAfter(addition,target) {var parent = target.parentNode;if (parent.lastChild == target) {parent.appendChild(addition); } else {parent.insertBefore(addition,target.nextSibling);}}
var middleads = document.getElementById(&quot;inline_wrapper&quot;);var target = document.getElementById(&quot;widget-middle&quot;);
var opsi1 = target.getElementsByTagName(&quot;br&quot;);if (opsi1.length &gt; 0){insertAfter(middleads,opsi1[3]);}
var opsi2 = target.getElementsByTagName(&quot;blockquote&quot;);if (opsi2.length &gt; 0){insertAfter(middleads,opsi2[0]);}
var opsi3 = target.getElementsByTagName(&quot;h2&quot;);if (opsi3.length &gt; 0){insertAfter(middleads,opsi3[0]);}
</script>
</b:if>

Catatan:
- Silahkan ganti bagian // Letakan kode iklan disini dengan kode iklan yang sudah di parse.
- Silahkan parse kode iklan adsense Anda disini Parse HTML Tool
- Letak iklan dapat diatur sesuai keinginan Anda, lihat kode di atas ada [3], [0], dan [0] ini sudah saya jelaskan di atas mengenai opsi fungsi kode javascript ini, semakin besar nilainya maka akan semakin bawah posisi iklan pada postingan blog Anda.

6. Klik Simpan tema

Itulah tutorial atau cara memasang iklan adsense di tengah postingan, cara memasangnya cukup mudah bukan. Jika Anda memiliki pertanyaan silahkan berikan komentar atau bisa menghubungi kami melalui halaman kontak yang ada pada bagian navigasi dibawah ini.
Cara Manual Cuman hobi nulis tentang tutorial blog jadi deh blog cara manual.

5 Komentar untuk "Cara Memasang Iklan Adsense di Tengah Postingan"

  1. Terima kasih infonya, cara ini buat iklan teks atau gambar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua jenis iklan adsense bisa menggunakan cara ini untuk mempatkan posisi iklan di dalam postingan.

      Hapus
  2. Kalau caramenampilkan iklan versi baru di detik,kompas dll,yang ada ditengah terus kalau di roll tuh iklan tetep disitu gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu namanya iklan parallax, coba search di blog ini untuk tutorialnya.

      Hapus
Jika ada yang masih kurang jelas, silahkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah ini atau dengan menghubungi kami di halaman kontak.

1. Centang kotak Notify me untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel